Cara Membuat Daftar Isi Otomatis pada Microsoft Word

Membuat daftar isi merupakan salah satu hal yang wajib ada dalam pembuatan tulisan. Akan tetapi masih banyak yang belum tau bagaimana cara membuat daftar isi seara otomatis pada Microsoft Word. Oleh karena itu Ablepedia ingin membagikan bagaimana cara membuat daftar isi otomatis pada Microsoft Word yang akan 100% berhasil dengan mudah. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dilakukan dalam membuat daftar isi otomatis, hal-hal tersebut sebagai berikut:

 

Mengatur font, ukuran font dan spasi tulisan

Cara untuk mengatur font, ukuran font dan spasi tulisan sebenarnya telah dibahas Ablepedia pada artikel yang lain. Sehingga agar tidak terbahas dua kali maka alangkah baiknya untuk mengunjungi artikel tersebut. Berikut artikel yang berkaitan: Cara Atur Format Awal Microsoft Word untuk Makalah/Skripsi 

 

Menentukan Bab dan Subbab yang akan ditampilkan pada daftar isi

Langkah selanjutnya adalah menentukan Bab dan Subbab yang akan ditampilkan pada daftar isi. Hal ini penting dilakukan agar tidak ada tulisan yang tidak kita inginkan tampil pada daftar isi kita. Pada langkah ini akan kita bagi menjadi dua poin sebagai berikut:

  1. Menampilkan panel navigasi
  2. Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum proses membuat daftar isi secara otomatis adalah menampilkan panel navigasi. Hal ini penting dilakukan agar kita bisa mengontrol tulisan mana saja yang akan kita tampilkan pada daftar isi. Dari panel navigasi juga kita akan tau Bab serta Subbab yang telah kita buat, kita juga akan tau apakah bab ataupun subbab yang kita buat sudah sesuai dengan posisi yang kita inginkan atau belum. Langkah menampilkan panel navigasi adlah dengan memilih menu "View" kemudian pada bagian "Show" kita centang bagian "Navigaton Pane".

    Navigation pane

  3. Mengatur tulisan selain Bab dan Subbab
  4. Hal ini perlu dilakukan agar semua tulisan menjadi satu format yang kita inginkan sehingga tulisan yang tidak kita inginkan tidak tampil pada daftar isi. Akan tetapi apabila kita telah mengaturnya pada saat sebelum mulai menulis dengan mengatur "Style" pada menu "Home" maka kemungkinan tulisan yang kita tulis secara otomatis akan menjadi style "Normal" sehingga tidak akan tampil pada daftar isi.

    style

    Akan tetapi apabila kita belum mengaturnya di awal proses menulis maka sebaiknya mengubah semua tulisan agar menjadi style "Normal". Sangat tidak disarankan untuk mengubah tulisan dengan penomoran atau list secara langsung, karena akan menghilangkan penomoran atau list tersebut. Sehingga alangkah baiknya jika mengbahnya secara manual satu per satu terlebih dahulu.

  5. Mengatur Bab
  6. Dalam mengatur bab, yang perlu kita lakukan adalah menentuka judul bab terlebih dahulu. judul bab yang umum adalah "BAB I PENDAHULUAN", "BAB II KAJIAN TEORI" dan sebagainya. Ada dua metode dalam penentuan judul bab, terkadang ada yang disambung dan ada yang dipisah atau di enter. Sebelum membahasnya lebih lanjut alangkah baiknya apabila kita mengubah judul bab yang telah kita tulis menjadi style "Heading 1".

    style

    Cara mengubahnya adalah dengan mengeblok judul yang telah kita tulis, kemudian menuju ke menu "Home" selanjutnya pada menu "Style" kita pilih "Heading 1". Hal tersebut digunakan agar judul yang telah kita tulis menjadi judul bab. Selanjutnya yaitu menentukan spasi atau enter pad judul bab kita. Apabila judul bab menggunakan "BAB I PENDAHULUAN" tanpa dipisahkan dengan enter maka kita bisa lanjut untuk mengerjakan yang lainnya. Namun apabila dipisahkan dengan enter maka akan ada dua metode dalam melakukannya. metode yang pertama adalah menekan tombol "Enter" pada keyboard di tengah-tengah tulisan antar "BAB I" dan "PENDAHULUAN" hal tersebut bertujuan agar masing-masing "BAB I" dan "PENDAHULUAN" akan tampil secara terpisah beda baris pada daftar isi.

    Cara yang kedua yaitu menekan tombol "Shift" + "Enter" pada keyboard di tengah-tengah tulisan antar "BAB I" dan "PENDAHULUAN" hal tersebut bertujuan agar "BAB I" dan "PENDAHULUAN" akan tampil menyatu satu baris menjadi satu kesatuan kalimat daftar isi.


  7. Mengatur Subbab
  8. Langkah selanjutnya yaitu mengatur subbab. Mengatur subbab sangatlah mudah, kita hanya perlu mengubah style tulisan yang akan kita gunakan sebagai "subbab 1" menjadi style "Heading 2". Cara mengubahnya adalah dengan mengeblok subbab yang telah kita tulis, kemudian menuju ke menu "Home" selanjutnya pada menu "Style" kita pilih "Heading 2".

    Cara yang sama juga digunakan untuk mengubah subbab-subbab yang lain, seperti mengubah style menjadi "Heading 3" untuk "Subbab 2", mengubah style menjadi "Heading 4" untuk "Subbab 3" dan lainnya. 

 

Menentukan halaman daftar isi

Setelah menentukan Bab dan Subbab serta apa saja yang akan ditampilkan pada daftar isi, langkah selanjutnya yaitu menyiapkan tempat untuk meletakkan daftar isi. Alangkah baiknya apabila kita menyiapkan halaman kosong yang akan digunakan untuk meletakkan daftar isi yang akan kita buat. 

 

Mengatur format daftar isi

Cara mengatur format daftar isi adalah dengan memilih menu "References" kemudian pada bagian "Table of Contents" klik "Table of Content"

Sehingga akan muncul menu pop up "Built in", pada menu tersebut klik "Insert Table of Contents" yang akan memunculkan menu pop up "Table of Contents".

Pada bagian "Show levels" kita ubah sesuai dengan subbab yang kita inginkan. Misal kita memilih "3" maka yang akan tampil pada daftar isi adalah Bab, Subbab 1 dan Subbab 2, apabila kita memilih "4" maka yang akan tampil pada daftar isi adalah Bab, Subbab 1, Subbab 2 dan Subbab 3 begitupun seterusnya. Langkah selanjutnya adalah pada menu pop up "Table of Contents" kita klik "Modify" sehingga akan muncul menu pop up "Style"

Untuk mengubah format "Bab" kita pilih "TOC 1" kemudian kita klik "Modify" sehingga akan muncul menu pop up "Modify Style"

Pada menu tersebut kita sesuaikan font, ukuran font dan bold atau tidaknya tulisan. Langkah selanjutnya adalah mengubah spasi dan jarak tab pada daftar isi. untuk mengubah spasi tulisan kita klik menu "Format" dan kita pilih "Paragraph" sehingga akan muncul menu pop up "Paragraph"

Pada menu tersebut kita ubah before dan after pada spacing, umumnya adalah 0pt juga kita ubah line spacing sesuai yang kita inginkan, akan tetapi lebih baik untuk disesuaikan dengan yang ada pada pedoman tulisan. Kemudian apabila pada pedoman mengharuskan halaman yang ditampilkan pada daftar isi harus rata kanan dan titik-titik penghubung bab terhadap halaman harus rata kiri, maka akan ada tambahan pengaturan yang harus kita ubah. Caranya adalah pada menu pop up "Paragraph" kita klik menu "Tabs" kemudian pada menu pop up "Tabs"

Pada "Tabs stop position" kita tambahkan 2 pengaturan. Untuk mengatur panjang titik-titik penghubung bab dengang halaman maka kita mengaturnya dengan cara mengetik "13 cm" dan memilih "Left" pada "Alignment dan memilih "....." pada "Leader" selanjutnya klik "Set". kemudian untuk mengatur agar halaman bisa tetap rata kanan kita mengaturnya dengan cara mengetik "14 cm" dan memilih "Right" pada "Alignment dan memilih "none" pada "Leader" selanjutnya klik "Set". Selanjutnya klik "OK" pada setiap menu pop up. Untuk mengatur format "Subbab 1" maka kita pilih "TOC 2" pada menu pop up "Style"

Begitupun untuk Subbab 3 dan Subbab 4. Ketika daftar isi sudah muncul, apabila halaman masih belum rata kanan, maka setelah titik-titik penghubung bab dengan halaman kita beri jarak secara manual dengan menekan tombol "Tab" pada keyboard.


Semoga bermanfaat. ~

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama