Cara Atur Format Awal Microsoft Word untuk Makalah/Skripsi

Cara Atur Format Awal Microsoft Word untuk Makalah/Skripsi

Setiap instansi akan memiliki aturan tersendiri terhadap tugas penulisannya, baik itu makalah atau skripsi. Mengatur format tersebut merupakan hal penting yang harus dilakukan sebelum mengerjakannya. Karena pentingnya hal tersebut dan masih banyak yang belom tahu mengenai cara mengaturnya, maka kami mencoba untuk menguraikan apa saja yang perlu diatur sebelum membuat tulisan baik tugas, makalah maupun skripsi. Berikut adalah beberapa hal yang penting untuk diatur sebelum memulai penulisan:

 

Mengatur ukuran kertas dan margin

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengatur ukuran kertas dan margin. Mengatur 2 hal tersebut harus dilakukan karena apabila lupa akan mempengaruhi desain tulisan serta akan merusak tulisan ketika proses mencetak tulisan tersebut. Perubahan pada ukuran kertas dan margin akan mengubah banyaknya tulisan pada suatu halaman. Cara mengatur ukuran kertas dan margin pada microsoft word adalah dengan memilih menu "Page Layout"

menu "Page Layout"

kemudian untuk mengatur ukuran kertas klik menu "Size" selanjutnya pilih ukuran kertas yang akan kita gunakan atau mengaturnya sendiri dengan memilih menu "More Paper Sizes". Kemudian untuk mengatur margin dengan memilih menu "Page Layout" kemudian klik menu "Margin" selanjutnya kita pilih ukuran yang sesuai atau mengatur sendiri dengan memilih menu "Custom Margins". 

 

Mengatur font, ukuran font serta spasi tulisan

Hal yang terpenting selanjutnya adalah mengatur font, ukuran font serta spasi tulisan. Ketiga hal tersebut perlu diatur agar sewaktu-waktu tidak berubah tanpa sepengetahuan kita. Sebaiknya mengubah ketiga hal tersebut tidak langsung pada menu font, karena itu hanya akan bersifat sementara pada file tersebut. Alangkah baiknya untuk mengubah pada menu styles dengan cara klik menu "Home" kemudian pada menu "Styles" klik kanan pada menu "Normal" dan klik "Modify"

menu "Styles"

sehingga akan diarahkan pada menu pop up "Modify Style" 

menu pop up "Modify Style"

pada menu tersebut kita ubah font ukuran font seperti memilih font Times New roman dengan ukuran 12 atau disesuaikan dengan pedoman penulisan yang ada. Selanjutnya yaitu mengatur spasi tulisan. Pengaturan mengenai spasi tulisan juga sebaiknya diubah pada style tulisannya. Caranya adalah pada menu pop up "Modify Style" klik menu "Format" Yang berada di pojok kiri bawah, kemudian klik "Paragraph" dan akan muncul menu pop up "Paragraph"

menu pop up "Paragraph"

pada pop up tersebut kita ubah before dan after pada spacing serta line spacing, umumnya adalah before dan after 0pt serta line spacing multiple at 1,5 atau 2. Pengaturan tersebut sebaiknya disesuaikan dengan yang ada pada pedoman kepenulisan instansi terkait. Hal yang perlu diperhatikan adalah apabila mengubah pengaturan pada style "Normal" maka kita akan mengubah style tulisan yang kita tulis tanpa format apapun, apabila mengubah pengaturan pada style "Heading 1" maka kita akan mengubah style tulisan yang akan kita gunakan sebagai "Bab", apabila mengubah pengaturan pada style "Heading 2" maka kita akan mengubah style tulisan yang akan kita gunakan sebagai "Subbab 1",  apabila mengubah pengaturan pada style "Heading 3" maka kita akan mengubah style tulisan yang akan kita gunakan sebagai "Subbab 2" dan begitu seterusnya hingga "Heading 4" ataupun "Heading 5", apabila mengubah pengaturan pada style "Caption" maka kita akan mengubah style tulisan yang akan kita gunakan sebagai "Caption dari Tabel ataupun Gambar".

 

Mengatur Autosave

Pengaturan yang penting untuk diatur sebelum menulis adalah mengatur waktu autosave. Hal ini berguna apabila laptop ataupun komputer yang kita gunakan tiba-tiba mati tanpa sepengetahuan kita. Fungsidari autosave ini adalah menyimpan perubahan-perubahan pada file tulisan kita pada waktu-waktu tertentu. Cara mengaturnya adalah dengan memilih menu "File" kemudian pada menu pop up "Word Option"

menu pop up "Word Option"

klik menu "Save", selanjutnya centang pada pilihan "Save AutoRecover information" dan sesuaikan menit autosavenya serta centang "Keep the last autosave if i close without saving" dan atur tempat penyimpanannya.

Langkah selanjutnya yaitu save atau save as file tersebut dengan nama yang kita inginkan, dan file tersebut sudah siap kita gunakan untuk menulis tugas, makalah ataupun skripsi.


Semoga bermanfaat. ~

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama